Anda Wajib Tahu ! Inilah Beberapa Hal Aneh yang Terjadi Pada Tubuh Manusia

Beberapa Hal Aneh yang Terjadi Pada Tubuh Manusia


Gambar :meditasi


Manusia adalah makhluk sempurna karena diberikan akal dan pikiran oleh tuhan sehingga menjadi pembeda diantara makhluk lainnya. Hal - hal yang terjadi pada tubuh manusia mulai diteliti para ilmuwan dan setiap tahun ada hal yang baru diketahui ilmuwan.


Semakin canggih teknologi membuat orang - orang bisa mengetahui cara kerja setiap organ tubuh manusia, mulai dari jantung, otak, darah, ginjal dan lain - lain. Tapi, ada beberapa hal yang terjadi pada manusia dan membuat para ilmuwan bingung sehingga harus melakukan penelitian lebih lanjut.


Oke berikut ini adalah hal aneh yang terjadi pada tubuh manusia dan anda pasti belum mengetahui hal ini sebelumnya.


1. Reaksi tersipu malu


Reaksi tubuh ini tidak disangka - sangka oleh banyak orang, saat anda tersipu malu dan muka menjadi merah maka lapisan perut juga ikut memerah. Padahal muka merah adalah reaksi tubuh terhadap rasa emosional yang kuat seperti marah, malu dan stres.


Apa hubungannya dengan lapisan perut yang merah ? Saat pipi seseorang memerah artinya terjadi gelombang adrenalin yang membuat pembuluh darah kecil mrnyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan aliran darah meningkat.


2. Mata terpejam


Banyak orang menganggap bahwa menutup atau memejamkan mata maka kita tidak bisa melihat apapun, sebenarnya saat menutup mata anda bisa melihat bola atau titik titik berwarna putih. Sensasi seperti itu biasanya disebut phosphenes, menurut Ivan Schwab dari Univertas California, orang yang menutup mata dengan penutup mata tetap akan mengalami phosphenes.


Mata manusia tidak berhenti bekerja walaupun anda sedang menutup atau memejamkan mata. Anda tenang saja, sensasi seperti ini normal terjadi pada manusia dan biasanya terjadi saat mengonsumsi obat - obatan tertentu.


3. Proses mimpi


Semua hal yang terjadi di dalam tubuh manusia bisa diteliti oleh para ilmuwan kecuali proses mimpi. Masih menjadi pertanyaan, apa tujuan adanya mimpi saat seseorang tertidur. Mimpi terjadi pada tahap 5 proses menuju tidur, proses terakhir yaitu Rapid Eye Movement (REM).


Pada tahap REM, seseorang susah terbangun karena harus mendapatkan istirahat yang maksimal. Tujuan mimpi saat tidur masih diteliti oleh para ilmuwan di seluruh dunia, hal yang diketahui adalah mimpi bertujuan untuk meningkatkan memori atau mengatur segala ingatan yang terjadi pada tubuh seseorang.


Keadaan bermimpi dilakukan oleh bagian otak bernama amygdala yang selalu menampilkan gambar - gambar samar saat bermimpi. Jadi, saat mimpi seseorang akan melihat hal - hal yang terjadi seharian secara random atau melihat ingatan yang sudah terjadi beberapa hari yang lalu.


Mimpi adalah sesuatu yang acak dan sulit dipahami sehingga para ilmuwan kebingungan untuk mencari tujuan adanya mimpi saat tidur.


4. Pertanyaan


Respon saat diberi pertanyaan


Sebuah pertanyaan membuat otak kita selalu bekerja dan mencari jawaban yang tepat untuk membuat hati merasa puas. Setiap ada pertanyaan pasti anda akan menjawabnya meskipun anda bisa mengabaikan pertanyaan itu dan tidak menjawabnya.


Baca juga : inilah misteri terbesar alam semesta yang belum terpecahkan sampai saat ini


Walaupun, anda mengabaikan suatu pertanyaan yang ditunjukkan kepada anda. Faktanya, otak selalu berpikir untuk memberikan jawaban yang tepat apalagi pertanyaan yang sulit. Hal ini terjadi karena otak tersentak saat diberi pertanyaan sehingga harus pada satu tugas yaitu menjawab pertanyaan.


Otak akan terus berpikir mencari jawaban meskipun tidak ketemu sama sekali. Hal ini didukung oleh dokter ahli saraf yaitu John Medina dalam bukunya yang berjudul "Brain Rules".


5. Kulit mengkerut


Berendam di dalam air setelah melakukan aktifitas atau pulang kerja memang membuat badan terasa rileks dan nyaman. Kulit pada jari dan kaki manusia bisa mengkerut jika direndam di air dalam jangka waktu yang lama, anda pasti pernah mengalami hal ini kan.


Menurut ilmuwan, kulit mengkerut pada tangan dan kaki bukan sekedar refleks atau proses osmosi saja tetapi merupakan peran dari sistem saraf manusia. Proses osmosi adalah proses perpindahan molekul pelarut (air), para ahli bedah mengatakan bahwa kulit mengkerut menandakan sistem saraf yang utuh.


Cara supaya kulit tangan dan kaki mengkerut, anda harus berendam di air dalam jangka waktu yang lama. Kulit tidak akan mengkerut jika anda berendam 5 - 10 menit, anda harus berendam lebih lama minimal 30 menit dan lihat apakah kulit jari dan kaki anda mengkerut.


Meskipun masih banyak perdebatan tentang kulit mengkerut ini, banyak orang yang bilang bahwa kulit mengkerut merupakan adaptasi kulit yang dikembangkan secara primata.


6. Rasa cinta dan takut


Selain perasaan cinta, rasa takut juga bisa merespon pada tubuh seseorang. Menurut para psikolog fenomena ini disebut misatribution of arousal, arousal disini bukan berarti seksual tapi peningkatan kondisi emosional, contohnya saat seseorang merasa takut pasti mata melebar, muka memerah, detak jantung meningkat dan berkeringat.


Hal ini disebut sebagai respon fisiologis terhadap rasa takut dan mirip sekali dengan respon saat tertarik pada seseorang.


7. Tuli sementara


Anda pasti pernah mengajak bicara teman yang sedang bermain game tapi dia tidak mendengarkan atau budeg. Hal ini sering terjadi pada semua orang, tapi bagaimana hal ini bisa terjadi padahal pendengaran kita baik - baik saja ?


Menurut studi terbaru, orang yang konsentrasi pada pekerjaan visual bisa membuat orang tersebut tuli sementara dan mengabaikan volume atau suara yang berada di sekitar. Hal ini terjadi karena otak manusia hanya bisa memproses informasi yang sedikit secara sekaligus, jadi saat seseorang fokus pada pekerjaan visual misalnya main game, suara di sekeliling gagal di proses oleh otak.


Pendapat penelitian ini didukung oleh Professor Nillie Lavie dari Institute of Cognitive Neuroscience. Ia sudah melakukan penelitian untuk kegiatan sehari - hari seperti dampak penggunaan smartphone.


Tapi tidak semua orang mengalami hal ini, ada orang - orang tertentu yang bisa memfokuskan diri pada banyak hak alias multi tasking.


8. Listrik pada otak


Listrik pada otak


Otak manusia mempunyai jaringan listrik kecil yang mengalir melalui jaringan neuron, saat anda mendengar, berpikir, tertawa, menangis maka aliran listrik akan mengalir di setiap neuron otak manusia. Menurut sains, ada sekitar 100 milyar sel neuron di dalam otak manusia dan membutuhkan ribuan tahun untuk menghitung semua sel neuron.


Semua sel neuron tersebut bekerja setiap waktu tanpa henti karena otak kita selalu menerima pesan setiap detiknya. Listrik pada otak manusia bisa menghidupkan lampu dengan watt rendah.


9. Sel kulit


Sebagai organ tubuh yang paling rumit, kulit manusia bisa dipakai dalam berbagai macam hal mulai dari regulasi suhu, kekebalan tubuh dan produksi vitamin. Kulit manusia dibagi menjadi 3 bagian yaitu epidermis, dermis dan subcutaneous tissue.


Baca juga : bencana alam yang mungkin akan terjadi pada tahun yang akan datang


Epidermis berasal dari sel keratinosit, sel keratinosit ini terbentuk dari lapisan basa selama periode 28 hari akan bergerak ke atas dan mendorong sel kulit mati. Menurut para meneliti, manusia mempunyai 10 trilyun sel secara total dan mengambil 16% berat tubuh manusia.


Setiap 24 jam manusia bisa kehilangan sekitar 1 juta sel kulit, sel kulit yang hilang itu pergi terkumpul di meja, jendela atau bingkai foto.

Posting Komentar

0 Komentar