Terbaru ! Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Android Dengan Mudah dan Cepat

Penyimpanan banyak sampah


File menjadi hal yang penting dalam sebuah smartphone karena file berrungsi membangun kinerja smartphone supaya lebih berguna. Tapi, jika file yang tersimpan terlalu banyak di sebuah smartphone maka kinerja ponsel akan menurun dan menyebabkan lemot atau aplikasi force close.


Anda pasti jarang melakukan prmbersihan pada penyimpanan anda karena file sampah sudah tidak ada sehingga harus menunggu waktu lebih lama dan menghapusnya sekaligus. Tapi, anda mungkin asal - asalan dalam membersihkan penyimpanan anda dan hanya menghapus sebagian file sampah saja.


Hal itulah yang menyebabkan penyimpanan android penuh padahal tidak ada file besar di dalamnya. Oleh karena itu, saya akan memberitahukan cara terbaru menghapus file sampah tersembunyi di android untuk menambah memori HP supaya bisa lebih lega.


Oke, langsung saja simak caranya di bawah ini.


1.  Buka aplikasi penyimpanan > pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan dan aktifkan tampilkan file tersembunyi supaya anda bisa melihat file yang disembunyikan android. Cari folder whatsapp > pilih folder database > di bagian ini terdapat file - file yang tidak penting dan harus anda hapus untuk menambah memori simpanan anda.


Menghapus file sampah whatsapp


Jika anda sering memakai aplikasi whatsapp dan sampah di folder ini belum pernah dihapus maka jumlah file sampah yang terkumpul bisa mencapai 1 GB. Setelah itu, anda kembali ke folder whatsapp > buka folder media > pilih whatsapp video > di folder ini anda akan melihat video - video yang anda simpan di aplikasi whatsapp, silahkan hapus video yang tidak penting.


Kemudian anda kembali ke folder whatsapp > pilih whatsapp voice notes > di folder ini ada sampah yang cukup menguras penyimpanan jika anda belum pernah menghapusnya. Anda hapus saja untuk menambah simpanan memori anda.


(Khusus HP Xiaomi) anda buka folder MIUI > pilih galeri > pilih cloud > pilih cache > disini terdapat banyak sekali sampah dan jumkahnya cukup banyak sehingga harus anda hapus supaya penyimpanan bisa bertambah.


Cara selanjutnya, anda masuk ke aplikasi pengaturan > pilih penyimpanan > anda akan melihat menu cache dan hapus saja jika jumlahnya sangat banyak.


Untuk mencari file sampah lain, anda bisa tekan pencarian dan ketik "thumb" maka akan tampil sejumlah file dan folder sampah yang bersembunyi di android. Anda bisa hapus semuanya karena ukuran dari sampah ini besar bisa mencapai ratusan MB.


Menghapus file sampah thumb


Lalu ketikan lagi "cnt" maka anda akan melihat beberapa file sampah, langsung saja hapus karena file ini tidak penting. Ketikan "web" maka akan muncul file dan sticker whatsapp yang pernah dikirimkan orang lain kepada anda, langsung saja hapus semuanya karena filenya tidak penting.


Baca juga : 10 game teka - teki android offline terbaik dan terbaru


Ketikan "png" maka muncul file dan sisa - sisa aplikasi yang pernah anda install lalu di uninstall lagi. Ketikan "gif" maka akan muncul file sampah dari sisa penginstallan aplikasi sebelumnya, anda pilih semua dan hapus. Ketikan "xml" maka muncul file sampah yang lumayan banyak, anda hapus saja karena file ini tidak berguna sama sekali.


Ketik lagi "cy" di kolom pencarian maka muncul file duplikat yang bisa anda hapus karena hanya mempersempit penyimpanan android saja.


Ada folder yang menyimpan gambar salinan yang kita simpan di galeri, anda bisa menghapusnya dengan masuk ke folder DCIM > pilih folder thumbnail, disini anda melihat foto - foto salinan dari galeri anda. Silahkan anda hapus supaya bisa menambah memori internal android.


Setelah itu, anda harus restart ponsel supaya hasil dari bersih - bersih file sampah menjadi lebih terlihat. Kemudian lihat penyimpanan tersedia android anda pasti langsung bertambah karena jumlah sampah yang sudah anda hapus berjumlah ratusan.


2. Anda bisa menggunakan aplikasi bernama "All in one toolbox", aplikasi ini berbeda dengan aplikasi pembersih lain. Jadi, anda bisa menggunakannya untuk membersihkan sampah - sampah yang sulit terdeteksi di android anda.


Pertama, anda download aplikasi all in one toolbox terlebih dahulu melalui link di bawah ini.


DOWNLOAD - ALL IN ONE TOOLBOX


Setelah itu, anda install dan buka aplikasi nya. Pada aplikasi anda akan melihat jumlah ram yang sudah terpakai, suhu ponsel dan tersedia berbagai macam fitur yang bisa anda gunakan.


Aplikasi all in one toolbox


Langkah pertama, anda pilih bersihkan untuk membersihkan sampah tersembunyi di file penyimpanan lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah proses selesai maka anda bisa melihat jumlah file sampah yang sudah dideteksi oleh aplikasi, anda jangan khawatir karena semua file adalah sampah dan langsung saja hapus dengan menekan "bersihkan".


Kemudian anda pilih fitur tingkatkan untuk menghentikan aplikasi yang sering berjalan di latar belakang dan memakan banyak RAM. Tunggu sampai proses selesai dan langsung bersihkan, lalu anda pilih penghemat baterai supaya lebih awet dan tidak boros daya.


3. Anda bisa menggunakan aplikasi bernama " Drives" untuk menghapus file lainnya yang bisa anda lihat di aplikasi pengaturan > penyimpanan > file lainnya. Aplikasi ini tidak kalah ampuh dari yang sebelumnya dan bisa mendeteksi file - file sampah yang sulit anda temui di aplikasi penyimpanan.


Pertama, anda download aplikasi drives terlebih dahulu melalui link di bawah ini.


DOWNLOAD - DRIVES


Setelah di download anda langsung install dan buka aplikasinya. Pada halaman pertama, aplikasi mulai melakukan scanning pada penyimpanan android untuk menemukan folder yang tersembunyi dan sulit dijangkau.


Aplikasi drives


Kemudian anda pilih file categories yang berada di paling kiri aplikasi, anda cari menu others maka anda akan melihat file - file besar yang bisa anda hapus. Silahkan anda pilih file mana saja yang ingin dihapus, jika ingin menghapus semua tahan salah satu file maka muncul opsi pilih semua dan pilih delete.


Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa membaca artikel di blog Magersena untuk mendapatkan pengetahuan yang bisa menambah wawasan anda.

Posting Komentar

0 Komentar