5 Tabungan yang Harus Anda Punya Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

5 Tabungan yang Harus Anda Punya Untuk Masa Depan yang Lebih Baik


Tabungan yang harus anda punya


Salah satu alasan kenapa orang menjadi kaya dan hidupnya makmur adalah karena satu kebiasaan yang sudah dilupakan banyak orang yaitu menabung, semua orang pasti pernah menabung tapi hanya sedikit orang yang bisa bertahan dari kebiasaan menabung tersebut.


Menabung adalah hal yang membosankan, kegiatan yang sudah ketinggalan zaman dan hanya menguntungkan diri sendiri. Menabung tidak menguntungkan perusahaan dan ekonomi, jika semua orang menjadi penabung maka akan banyak perusahaan yang bangkrut dan roda ekonomi berhenti.


Tapi, walaupun ketinggalan zaman anda harus tetap menabung demi masa depan yang lebih baik. Dengan menabung, anda bisa memperoleh sesuatu yang anda butuhkan untuk melengkapi kebutuhan anda, kehidupan anda akan makmur dan bebas dari rasa khawatir.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu 5 tabungan yang harus anda punya untuk masa depan yang lebih baik.


1. Tabungan dana darurat


Tabungan dana darurat digunakan bila terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, seperti di PHK atau pendapatan yang tiba - tiba menurun. Pandemi covid-19 menyadarkan kita bahwa banyak sekali orang yang tidak mempunyai dana darurat.


Pandemi yang terjadi tahun 2020 menyebabkan banyak orang kehilangan penghasilan, di situasi inilah dana darurat bisa digunakan tapi banyak orang yang tidak mempunyai dana darurat sehingga di akhir bulan orang - orang sudah kehabisan uang.


Anda harus mempersiapkan dana darurat minimal selama 3 bulan untuk mengantisipasi jika anda tidak mempunyai penghasilan selama 3 bulan. Tabungan dana darurat harus anda persiapkan saat pertama kali bekerja atau anda bisa menabung dari bonus dan THR yang anda dapatkan.


Tabungan dana darurat bisa anda rupakan dalam bentuk deposito atau emas supaya bebas dari inflasi. Dana darurat tidak boleh digunakan untuk berbisnis, membeli saham, beli properti atau kegiatan konsumtif lain. Dana darurat hanya digunakan dalam keadaan darurat saja, simpan dana di tempat yang aman dan bisa dicairkan kapanpun.


2. Tabungan kesehatan


Tabungan kesehatan digunakan saat anda mengalami masalah kesehatan, lebih mudahnya anda bisa menggunakan BPJS atau asuransi kesehatan. Dengan mempunyai tabungan kesehatan, anda akan merasa aman jika sewaktu - waktu anda jatuh sakit karena biaya untuk berobat sudah tersedia.

Baca juga : jangan takut dibenci orang lain


Mempunyai tabungan kesehatan bukan berarti anda hidup seenaknya, anda tetap menjaga kesehatan, menerapkan pola makan sehat, olahraga rutin dan menghindari hal - hal yang bisa membuat anda sakit.


3. Tabungan pendidikan


Tabungan pendidikan


Biaya pendidikan semakin mahal, tidak ada salahnya anda menabung untuk pendidikan anak anda di masa depan. Pendidikan dsri tahun ke tahun semakin mahal, jadi untuk anda yang ingin menambah anak harus berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk menambah anak.


Jika anda menambah anak tapi tidak merencanakannya terlebih dahulu maka hidup anda akan dihabiskan untuk membiayai anak dan anda kehilangan kesempatan untuk menikmati kehidupan di dunia ini. Anda harus memberikan kualitas pendidikan yang terbaik kepada anak untuk bekal menghadapi kehidupan di masa depan.


Tantangan generasi yang akan datang jauh lebih besar daripada generasi yang sekarang, mereka akan menghadapi orang yang sangat cerdas, berbagai macam inovasi dan lain - lain. Jika anda tidak memberikan anak pendidikan yang bagus maka anak anda akan ketinggalan jauh dan kesulitan menghadapi tantangan masa depan.


4. Tabungan impian


Semua orang mempunyai impian yang ingin dicapai dalam hidup, setiap impian itu gratis tapi untuk mewujudkannya anda harus membayar. Untuk mencapai impian membutuhkan pengorbanan mulai dari waktu, tenaga, pikiran dan uang.


Baca juga : cara mengubah mindset anda dengan mudah (cara merubah pola pikir)


Anda bisa menyisihkan pendapatan setiap bulan untuk membiayai impian anda, apapun impian anda pasti membutuhkan dana dan pengorbanan untuk mencapainya. Lebih cepat anda menabung untuk impian maka semakin cepat impian itu terwujud.


5. Tabungan hari tua


Kebanyakan orang saat sudah tua malah merepotkan anak - anaknya akibat dari orang tua yang tidak disiplin saat masih muda. Harusnya anak mempunyai kehidupan yang bahagia bukan menjadi sandwich generation, generasi yang ditekan oleh generasi yang di atas dan di bawahnya. Jika anda belum memulai sama sekali, anda bisa memulainya dengan menabung dana darurat untuk hari tua anda nanti.


Sumber : Angga andinata

Posting Komentar

0 Komentar