Inilah Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana (Cara Bersikap Dewasa)

Inilah Cara Menjadi Pribadi yang Dewasa dan Bijaksana


Cara menjadi pribadi yang baik


Dewasa adalah kondisi dimana seseorang mampu bijaksana dalam berpikir maupun bertindak, jika anda bisa berpikir secara bijaksana dan bertindak secara bijaksana maka anda bisa dikatakan orang yang sudah dewasa.


Kedewasaan tidak diukur dari banyaknya umur anda, banyak orang yang umurnya sudah dewasa tapi pola pikirnya masih anak - anak. Sebaliknya, ada orang yang masih belasan tahun tapi pola pikirnya sudah mampu bijaksana layaknya orang dewasa.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara bersikap dewasa supaya mindset atau pola pikir anda bisa berkembang.


1. Menentukan prioritas


Membuat suatu prioritas bukan hal yang sulit, tapi menentukan prioritas sangat sulit dilakukan bagi mereka yang hidupnya masih senang - senang layaknya anak - anak. Jangan membuang - buang waktu untuk hal yang sia - sia, buatlah prioritas untuk kehidupan anda supaya hidup anda menjadi lebih produktif.


2. Mempunyai jiwa pemberani


Sikap berani dan siap mengambil resiko bisa membuat anda pribadi yang dewasa, jika anda takut pada resiko maka pikiran anda tidak akan berubah. Ketakutan terhadap masalah dan resiko membuat anda tidak bisa berkembang, ketakutan tidak menghasilkan apa - apa dan hidup anda hanya jalan di tempat.


Ingin berbisnis takut rugi, ingin masuk organisasi takut tidak bisa, sampai kapan anda dikuasai oleh ketakutan, jangan menunggu sampai tua, tumbuhkan jiwa berani dalam diri anda karena sikap berani menunjukkan bahwa anda adalah orang yang dewasa.


3. Peduli dengan orang lain


Sifat yang dimiliki oleh orang yang belum dewasa adalah egois dan tidak peduli dengan orang lain, merasa selalu egois dan tidak ingin tahu dengan masalah yang ada di lingkungannya. Cobalah untuk peduli pada orang lain, tetangga, lingkungan sekitar.


4. Selalu bertanggung jawab


Cara menjadi pribadi yang dewasa dan bijaksana


Bertanggung jawab disini bisa dalam bentuk pribadi dan kelompok, anda mempunyai tanggung jawab dalam pekerjaan dimana pekerjaan ini berpengaruh pada masa depan anda. Dalam kelompok, anda dipilih oleh teman untuk bertanggung jawab dalam bidang tertentu.


Disini anda harus menunjukkan sikap tanggung jawab anda, pilihan yang sudah anda putuskan atau pilihan dari orang lain kepada anda maka anda harus siap bertanggung jawab. Jangan lari dari tanggung jawab karena itu adalah sikap pengecut.


Baca juga : 10 prinsip orang kaya yang bisa anda terapkan dalam kehidupan


Dalam proses kehidupan, bertanggung jawab bisa membuat pribadi menjadi lebih dewasa, mempunyai pemikiran matang dan mindset yang bagus karena berani bertanggung jawab terhadap keputusan yang sudah diambil.


5. Menerima kritik dan saran


Kritik dan saran bagaikan sebuah obat, jika ditelan maka rasanya pahit tapi bisa menyembuhkan anda dari penyakit. Menerima kritik dan saran membuat anda berpikir dan memperbaiki diri menjadi lebih baik, selalu menerima kritik dan saran dari orang lain menandakan bahwa anda sudah menjadi orang yang dewasa.


6. Berusaha untuk mandiri


Anda harus berusaha untuk menjadi orang yang mandiri atau tidak tergantung dengan orang lain, jangan mengatakan semua hal dalam hidup anda kepada orang lain. Anda harus bisa menyelesaikan masalah hidup dengan cara anda sendiri, menjadi mandiri membuat anda kuat dalam menghadapi problematika kehidupan.


Jangan mengeluh atau kabur dari permasalahan hidup, hadapi masalah yang muncul dalam kehidupan anda. Berani menghadapi masalah bisa membuat diri anda menjadi pribadi yang dewasa dan bijaksana.


7. Kurangi mengeluh


Cara menjadi pribadi yang dewasa dan bijak


Hal yang wajar jika seseorang merasa jenuh dan lelah terhadap kehidupan sehari - hari sehingga mereka mengeluh, orang yang belum dewasa selaku mengeluh terhadap hal kecil yang sebenarnya bisa diatasi sendiri.


Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, mengeluh hanya membuat masalah menjadi lebih rumit. Coba lah untuk mengurangi mengeluh dan lakukan hal yang bisa membuat otak anda lebih tenang.


8. Keluar dari zona nyaman


Zona nyaman adalah zona kehidupan yang nyaman, tenang, senang dan tidak ada masalah maupun resiko. Jika anda berada di zona nyaman dan tidak berani untuk keluar maka hidup anda tidak akan berubah dan tetap seperti itu.


Orang yang berada di zona nyaman tidak mau mengambil resiko dan selalu kabur dalam menghadapi setiap masalah, perkembangan hidup akan terasa saat anda berani mengambil resiko dan kuat dalam menghadapi masalah.


Anda harus keluar dari zona nyaman untuk mengubah hidup anda, merasakan sebuah kegagalan dan belajar darinya, mengenali setiap masalah dan berani untuk mengatasinya. Dengan keluar dari zona nyaman, anda akan menjadi orang yang lebih dewasa.


9. Mengubah kebiasaan buruk


Kebiasaan buruk yang anda lakukan sehari - hari bisa membuat anda mengalami kemunduran sikap dan kepribadian, kebiasaan memang sulit diubah karena sering dilakukan dan sudah menjadi hal yang dilakukan tanpa disadari.


Anda harus mengubah kebiasaan buruk supaya diri anda menjadi lebih baik dan lebih dewasa. Kebiasaan buruk membawa dampak yang buruk juga di masa depan sedangkan kebiasaan baik membawa dampak yang baik juga.


10. Tidak mudah menyerah


Mudah menyerah dan putus asa adalah penyakit yang dialami banyak orang, anda harus mempunyai jiwa pantang menyerah baik dalam menghadapi permasalahan atau melakukan hal yang besar.


Baca juga : lakukan 3 hal ini saat anda bingung mengambil keputusan


Saat ditimpa kegagalan, orang - orang akan berhenti dan meninggalkan impian mereka. Mempunyai jiwa pantang menyerah membuat anda lebih dewasa dan lebih kuat dalam menghadapi masalah atau kegagalan.


11. Selalu menambah wawasan


Menambah wawasan bisa mengubah pola pikir anda, dengan menambah wawasan setiap hari maka hidup anda akan semakin berkembang. Cara menambah wawasan adalah dengan membaca buku, berdiskusi dengan orang yang lebih dewasa, membaca informasi di internet dan lain - lain.


Anda lakukan hal apa saja asalkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan sehingga anda menjadi orang yang lebih dewasa dengan mindset yang bagus. Dengan mindset yang bagus maka tindakan anda akan berubah sehingga anda menjadi orang yang lebih dewasa dari sebelum.

Posting Komentar

0 Komentar