Usaha Sedikit Untung Banyak, Begini Caranya !

Usaha Sedikit Untung Banyak, Begini Caranya (Prinsip Pareto)


Prinsip pareto


Semua orang mempunyai keinginan untuk sukses, tapi untuk meraih kesuksesan tersebut harus berusaha dengan keras. Kenyataan dalam kehidupan, semakin sukses seseorang maka semakin sedikit usaha yang dia lakukan.


Coba lihat bos - bos besar perusahaan, mereka kerjanya hanya travelling, makan - makan, main golf dan lainnya tapi bisa menghasilkan ratusan juta bahkan milyaran. Sementara mayoritas orang harus bangun pagi, keliling kompleks, cari orderan, kerja lembur tapi uang yang dihasilkan hanya jutaan saja.


Apa rahasia para bos - bos besar itu sampai bisa menghasilkan ratusan juta dengan rebahan di kasur. Pada kesempatan kali ini, ssya akan memberitahu sebuah teknik produktivitas yang bernama prinsip pareto.


Prinsip pareto (80/20)


Prinsip pareto menyatakan 80% hasil yang kita dapat adalah hasil 20% usaha yang kita buat, sementara 20% hasil yang kita dapat adalah 80% usaha yang kita buat. Contoh, 80% skill yang kita miliki adalah hasil dari 20% seminar yang diikuti, 80% omset yang dihasilkan adalah hasil dari 20% cabang yang produktif dan lain sebagainya.


Artinya 80% waktu yang anda punya digunakan untuk hal - hal yang tidak produktif, misalnya menghabiskan waktu dengan menyusun rencana tanpa action, mengurus klien yang tidak punya keinginan untuk membeli, mengikuti meeting yang tidak jelas dan tidak ada hasilnya dan lain - lain.


Ternyata, hasil yang kita dapatkan adalah 20% dari usaha yang dilakukan, lalu bagaimana cara agar usaha kita menjadi lebih produktif. Jawabannya, anda hatus fokus pada 20% usaha anda dan abaikan usaha yang 80%, dengan fokus pada 20% anda akan mendapatkan impact yang lebih besar.


Untuk apa fokus pada meeting yang tidak jelas, untuk apa fokus pada seminar yang tidak jelas, untuk apa mengurus klien yang tidak mau beli dan lain - lain. Anda harus melihat dan mencatat mana kegiatan yang produktif dan mana kegiatan yang tidak produktif.


Setelah anda fokus ke 20%, anda harus eliminasi 80% usaha anda, hentikan meeting yang tidak ada hasilnya, jangan ikut seminar yang tidak jelas, buang pekerjaan yang tidak menghasilkan dan lainnya. Tujuan dari prinsip pareto adalah meminimalisir penolakan, menghemat energi dan waktu dan memaksimalkan potensi 20%.


Baca juga : 10 prinsip orang kaya yang bisa anda terapkan dalam kehidupan


Prinsip pareto bisa membantu anda dalam mempertajam intuisi dan lebih memaksimalkan potensi yang anda punya. Prinsip pareto ini universal jadi bisa digunakan dalam berbagai bidang, misalnya 80% kekayaan dunia didominasi oleh 20% negara kaya, 80% subscriber sebuah channel youtube didapatkan dari 20% video yang ada dan lain - lain.

Posting Komentar

0 Komentar