Cara Menjual Produk di TikTok Shop Untuk Pemula

TikTok tidak hanya sebagai aplikasi sosial media saja, tapi juga menjadi aplikasi belanja dan digunakan orang-orang untuk mencari barang-barang tertentu yang tidak ada di aplikasi belanja lain.

Ada juga diskon dan gratis ongkir yang membuat pengguna TikTok tergoda untuk membeli barang dengan potongan harga yang lumayan.

Hal ini tentu menjadi peluang bagi penjual untuk mempromosikan produk mereka di TikTok. Apalagi dengan sistem FYP yang bisa mendatangkan orang yang memiliki ketertarikan dengan produk Anda.

Magersena akan memberitahu Anda cara menjual produk di TikTok Shop dengan baik dan benar supaya banyak orang yang tertarik dan mulai membeli produk Anda.

Kelebihan TikTok Shop


Ada beberapa kelebihan TikTok Shop yang bisa membantu mempromosikan produk Anda sampai ke orang yang tepat.

1. Aplikasi sosial media sekaligus belanja


TikTok shop membuat customer berbelanja dengan mudah, simpel dan cepat tanpa pindah-pindah aplikasi seperti yang lainnya.

Anda bisa melihat video yang diberikan algoritma TikTok sekaligus mencari barang yang Anda suka di menu TikTok shop atau tautan video review.

2. Memperluas audiens dan mendapatkan omset

 
Jualan Anda akan laku karena terbantu algoritma TikTok yang memungkinkan banyak orang untuk menonton Livestream Anda dan membeli produk yang Anda promosikan.

Algoritma TikTok akan menuntun orang-orang yang mungkin memiliki minat terhadap produk Anda ke video short review yang Anda upload.

3. Menawarkan banyak promo dan gratis ongkir


Orang Indonesia akan senang jika terdapat promo dan gratis ongkir saat mereka berbelanja online. Hal ini menjadi kesempatan para penjual untuk menjual produk mereka di TikTok Shop.

Dengan adanya promo dan gratis ongkir, pembeli akan bertambah banyak karena tergoda dengan potongan harga yang tidak ada di aplikasi belanja yang lain.

Cara mendapatkan Uang di TikTok Shop


Secara umum, ada 2 orang yang bisa mendapatkan banyak uang dari TikTok Shop yaitu orang yang menjual produk sendiri dan orang yang menjual produk orang lain.


Banyaknya keuntungan tergantung cara dan skill Anda mempromosikan barang yang dijual, jika Anda sudah tahu ingin menjual apa dan siapa pembelinya maka Anda bisa jual produk di TikTok shop dengan 3 cara.

  1. Orang akan akses akun Anda dan masuk ke etalase TikTok Shop, jika mereka tertarik maka mereka akan membelinya
  2. Dengan membuat short video promossion yang berisi tautan produk yang Anda review dan masuk ke etalase TikTok Shop
  3. Anda bisa melakukan livestreaming untuk membawa orang-orang yang tertarik dengan produk Anda untuk melakukan pembelian secara langsung

Cara Mendaftar dan Mulai Jualan di TikTok Shop


TikTok Shop affiliate
Daftar TikTok shop



Untuk menjual produk lewat TikTok Shop produk affiliate yang berarti Anda akan menjual produk orang lain, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan minimal terlebih dahulu :

  • Minimum 2000 followers
  • Minimum video upload
  • Minimum deal views
  • Berumur 18 tahun ke atas
  • Dan lainnya

Untuk mulai mendaftar affiliate, Anda masuk ke aplikasi TikTok > pilih menu profil di kanan bawah > pilih garis tiga di pojok kanan atas > pilih alat kreator > pilih icon TikTok shop > isi semua persyaratan yang diminta TikTok.

Jika Anda belum mempunyai 10.000 followers tapi ingin menjual produk sendiri atau orang lain maka Anda bisa mendaftar di situs TikTok Shop seller center.

Anda lengkapi semua aspek pendaftaran, mulai dari data diri, data produk, data rekening dan lain sebagainya. Kemudian tinggal tunggu verifikasi beberapa menit dan akan muncul etalase toko di akun TikTok Anda.

Langsung saja Anda upload produk yang ingin Anda jual di etalase toko tersebut. Anda pilih profil > pilih alat kreator > pilih TikTok shop > pilih tambahkan produk > cari produk atau masukan URL.

Cara Sukses Menjual Produk di TikTok Shop


Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi supaya produk Anda bisa banyak pembeli, yaitu :

1. Pilih produk yang sesuai niche konten Anda


Jika akun TikTok Anda berisi video yang membahas cara memasak maka Anda bisa menjual produk makanan. 

Dengan menyesuaikan produk yang dijual dengan niche konten maka orang akan senang hati untuk membeli karena sesuai dengan apa yang sering Anda bahas.

2. Pilih produk dari toko yang terpercaya


Jangan asal mencari produk murah biar banyak yang beli, tapi carilah produk dari toko yang terpercaya dan berkualitas.

Jangan sampai pembeli merasa kecewa karena produk yang Anda jual tidak sesuai dengan apa yang Anda review di akun TikTok Anda.

3. Cari produk yang mempunyai free sample


Jika Anda memakai TikTok affiliate maka carilah produk yang mempunyai free sample supaya Anda tahu seberapa bagus produk tersebut.

Hal ini membuat Anda semakin yakin dengan produk tersebut dan tidak khawatir pembeli merasa kecewa dengan produk yang dibeli.

Sebaliknya untuk Anda yang menjual barang sendiri, Anda bisa memberi free sample kepada konten kreator yang terpercaya dan cocok dengan niche brand Anda.

Short video promossion dan livestreaming


Orang jualan yang sering muncul di TikTok adalah akun dengan short video promossion dan menjual barang secara langsung dengan Livestream.

Ada beberapa hal yang harus Anda jelaskan saat membuat short video atau livestreaming yaitu menceritakan masalah dari sudut pandang audiens dan tawarkan solusi lewat produk yang Anda jual.

Untuk livestreaming, Anda harus belajar bagaimana cara menarik minat penonton supaya mau membeli produk Anda.

Rata-rata penjual yang livestream menjual beberapa produk sekaligus, jadi pastikan jika ingin livestream Anda pilih icon keranjang dan pilih barang-barang yang ingin Anda jual kepada penonton.

Cara supaya livestreaming tidak berantakan, Anda bisa pakai rumus 5W+1H untuk menjelaskan produk yang Anda jual dengan jelas dan padat.

Penutup


Itulah cara menjual produk di TikTok Shop untuk Pemula. Jika Anda ingin tahu cara video bisa FYP di TikTok sampai jutaan penonton, Anda bisa baca artikel berikut ini